logo

Written by Super User on . Hits: 719

Dr. SYARIFUDIN TERPILIH MENJADI KETUA MAHKAMAH AGUNG PRIODE 2020-2025

 

Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA periode 2020-2025, Senin (6/4/2020). Syarifuddin akan menggantikan Muhammad Hatta Ali yang memasuki masa purnabakti pada 1 Mei 2020.

"Syukur kepada Allah SWT, pada siang ini yang telah melimpahkan amanah kepada saya memimpin Mahkamah Agung selama satu periode ke depan," ujar Syarifuddin usai pengumuman hasil pemilihan pada Senin, 6 April 2020.

Syarifuddin turut mengucap terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memilih dirinya dan mempercayakan jabatan Ketua MA. "Saya tidak lebih baik dari bapak, yang mulia Hatta Ali. Beliau telah membawa kemajuan dan akan kami tingkatkan," kata beliau.

Muhammad Hatta Ali mengingatkan bahwa jabatan sebagai Ketua MA adalah sebuah amanah dan penuh tanggung jawab yang besar. "Harus dilaksanakan sepenuh hati dan kerja keras. Maka itu, saya ucapkan selamat yang mulia Syarifuddin, sebagai ketua terpilih periode 2020-2025," ujar beliau.

Pemilihan Ketua Mahkamah Agung digelar dalam dua putaran. Semula ada enam calon. Pada putaran pertama, Syarifuddin mendapat 22 suara dan pesaingnya, Andi Samsan 14 suara. Putaran kedua dilakukan karena tidak ada yang memenuhi 50 persen suara plus 1. Syarifuddin terpilih setelah mendapat suara terbanyak, yakni 32 suara dari 46 pemilih pada putaran kedua. Sementara, Andi Samsan kembali mendapat 14 suara.

 

 Berikut pidato lengkap M Syarifuddin:

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu. Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua, om swastiatu.

Alhamdulillahirabbil alamin, rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa telah melimpahkan amanah kepada saya untuk memimpin MA selama satu periode ke depan.

Ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada rekan-rekan saya semuanya yang telah digerakkan hatinya oleh Tuhan Yang Maha Esa oleh goresan tangannya memberikan kepercayaan kepada saya untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan sebagai ketua Mahkamah Agung ke-14.

Mulai hari ini selesai sudah demokrasi ala Mahkanah Agung. Saya harapkan mulai hari ini pula tidak lagi perbedaan pendapat, dukung-mendukung di antara kita. Kita kembali bersatu padu, bahu membahu, dan kerja keras menyambut tugas dan tanggung jawab ke depan agar MA lebih baik lagi.

Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Kita mulai bekerja dengan ucapan bismillahirahmanirahim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Maka seberat apapun pekerjaan kita akan menjadi ladang amal ibadah bagi kita di hadapan Allah SWT dan harus kita pertanggungjawabkan kepada negara dan bangsa.

Bapak ketua yang kami muliakan dan hadirin sekalian. Saya tidak lebih baik dari Bapak Ibu. Oleh karena itu, tanpa bantuan dan kerja keras dan kerja sama yang baik dari Bapak Ibu semuanya sebagaimana Bapak dan Ibu telah berikan kepada Yang Mulia Hatta Ali, juga diberikan kepada saya dan lebih ditingkatkan lagi.

Bapak Hatta Ali juga telah dinobatkan sebagai Bapak Pembaharuan Bangsa, khususnya bagi MA dan badan peradilan. Beliau telah membawa kemajuan demi kemajuan dan perubahan luar biasa.

Apa yang beliau capai saat ini dapat kita lanjutkan dan kita tingkatkan dengan berbagai pola perubahan dan kemajuan untuk kebaikan maka saya yakin visi misi terwujudnya badan peradilan Indonesia yang agung, tidak perlu menunggu tahun 2035 akan bisa kita capai.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada panitia pemilihan. Saya jg menguucapkan terima kasih terselenggaranya acara ini dengan baik.

Sekali lagi, terima kasih atas kepercayaan Bapak Ibu semua kepada saya. Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Singkawang 

Jl.Alianyang No.34 A. Singkawang 

Telp: 0562-631965 
Fax: 0562-4646161

email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi